Konsep Dasar Pemrograman Berorientasi Obyek

Pemrograman Berorientasi Objek 

Pemrograman berorientasi objek (object-oriented programming/ OOP) merupakan paradigma pemrograman yang berorientasikan kepada objek. Semua data dan fungsi pada paradigma ini dikemas dalam kelas-kelas atau objek-objek. Pemrograman berorientasi obyek bermaksud untuk memecahkan masalah programming seperti cara berfikir manusia dan bagaimana manusia berinteraksi dengan dunia. Dalam Pemrograman Berorientasi Obyek masalah pemrograman berdasarkan obyek atau “sesuatu” benda. Obyek ini diibaratkan seperti makhluk hidup, yaitu memiliki ciri-ciri fisik dan juga perilaku. Dalam pemrograman berorientasi obyek, ciri-ciri fisik ini disebut juga sebagai atribut, pada dasarnya berisi informasi tentang obyek tersebut. Sedangkan perilaku disebut sebagai metode, yaitu bagaimana suatu obyek bertindak atau melakukan sesuatu.

Model data berorientasi objek dapat memberi fleksibilitas yang lebih, kemudahan mengubah program, dan digunakan luas dalam teknik peranti lunak skala besar. OOP lebih mudah dipelajari bagi pemula dibanding dengan pendekatan sebelumnya, dan pendekatan OOP lebih mudah dikembangkan dan dirawat.

Obyek :

Obyek adalah merupakan instansiasi class. Obyek‐obyek yang diinstansiasi dari class yang sama memiliki atribut dan method sama.

Karakteristik Obyek :

Setiap obyek memiliki status atau (state/fields/atribut/data)
 Setiap obyek memiliki perilaku(behavior/method/fungsi/prosedur)
 Contoh: obyek mobil
 Memiliki state : kecepatan, putaran mesin, posisi gir, warna, jumlah roda.
 Memiliki behavior : mempercepat laju (accelerate), memperlambat laju (break), pindah gir, merubah warna, dll.

Atribut :

Atribut adalah data yang dimiliki obyek yang dapat membedakan antara satu obyek dengan obyek yang lain.
 Dalam class atribut disebut Variabel.
 Contoh obyek mobil mempunyai atribut: merk, tinggi, berat, warna, lebar, kapasitas silinder, dll

Berikut link materi Konsep Dasar Pemrograman Berorientasi Obyek

Baca : Object Oriented Programming (wikipedia)