Mahasiswa D3 Manajemen Informatika Melaksanakan Ujian Sertifikasi Kompetensi Cluster Junior Programmer dan Technical Support

Hari Rabu (25/4) dan Jumat (28/4) mahasiswa program studi D3 Manajemen Informatika melaksanakan ujian sertifikasi kompetensi. Ujian sertifikasi kompetensi merupakan proses pemberian sertifikasi kompetensi yang dilakukan secara sistematis dan obyektif melalui uji kompetensi yang mengacu pada standar kompetensi kerja baik yang bersifat nasional maupun internasional. Ujian sertifikasi kompetensi diikuti oleh mahasiswa semester yang akan lulus pada tahun 2018 ini. Ujian sertifikasi kompetensi dilaksanakan sebagai bentuk komitmen program studi D3 Manajemen Informatika untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi yang unggul. Selain itu sertifikasi ujian kompetensi ini dilaksanakan atas dasar kondisi pasar kerja nasional dan internasional menuntut tersedianya tenaga kerja yang kompeten di setiap bidang, banyak industri dan organisasi mempersyaratkan agar tenaga kerjanya memiliki sertifikasi kompetensi yang kredibel. Di berbagai negara, pemerintahnya ada juga yang menghendaki bahwa tenaga kerja yang ingin bekerja harus memiliki sertifikasi kompetensi yang diterbitkan oleh lembaga otoritas yang diakui sah.

Menurut ketua program studi D3 Manajemen Informatika, Canggih Ajika Pamungkas, M.Kom ujian sertifikasi kompetensi ini sangat penting untuk menuju pada level yang diharapkan, pekerjaan di bidang TI membutuhkan expertise. Selain itu ujian sertifikasi kompetensi ikut berperan dalam menciptakan lingkungan kerja yang lebih profesional.  Ujian sertifikasi kompetensi juga sebagai pengakuan resmi pemerintah tentang tingkat keahlian individu terhadap sebuah profesi.

Sertifikator yang menyelenggarakan sertifikasi kompetensi ini adalah Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Telematika. LSP Telematika merupakan Lembaga Sertifikasi Profesi yang dibentuk oleh pemerintah dan setelah terbentuk harus dilaksanakan oleh komunitas Telematika dan bersifat independen. Tugas LSP yaitu menyelenggarakan standarisasi kompetensi kerja, menyiapkan materi uji serta mengakreditasi unit-unit Tempat Uji Kompetensi (TUK) dan menerbitkan sertifikasi kompetensi bidang telematika. Ujian dilaksanakan secara teori dan praktik. Cluster yang dilaksanakan pada sertifikasi ini antara lain junior programmer dan technical support.

Unit kompetensi pada cluster junior programmer antara lain : 1. Menjaga Etika 2. Membuat Alogaritma Pemrograman Dasar 3. Membuat Algaritma Pemrograman Lanjut 4. Membuat Struktur Data 5. Menulis Program Dasar 6. Membuat Dokumen Kode Program 7. Mengoperasikan Aplikasi Basis Data.

Unit kompetensi pada cluster technical support antara lain: 1. Mengidetifikasikan Perangkat Penyusun Komputer 2. Mengidentifikasikan spesifikasi perangkat computer 3. Memasang perlengkapan computer 4. Melakukan instalasi operating system 5. Menginstall modem 6. Melakukan instalasi software anti virus 7. Melakukan tindakan ketika virus ditemukan 8. Memperbaiki computer yang terinfeksi virus 9. Melakukan instalasi jaringan computer 10. Melakukan instalasi operating system jaringan 11. Melakukan konfigurasi system jaringan computer 12. Melakukan setting konfigurasi komunikasi wireless 13. Melakukan restore operating system 14. Melakukan back up data dan system 15. Mengoperasikan computer (personal computer- PC) yang berdiri sendiri (stand alone) 16. Melakukan penanganan awal (troubleshooting) atas masalah pada PC