Seminar Enterprise Resource Planning Bersama PT. Tiga Inti Perkasa Tech

Selasa, 27 Februari 2017, Program Studi D3 Manajemen Informatika menyelenggarakan seminar dengan tema “Perkembangan ERP di Era Digital Untuk Automatisasi Bisnis”. Tema ini diangkat untuk merespon dinamika perubahan pola pengelolaan bisnis yang didorong oleh perkembangan pesat dari teknologi informasi dan komunikasi. Seminar yang diselenggarakan di Megaland Hotel ini dibuka langsung oleh direktur Politeknik Indonusa Surakarta, Ir. Suci Purwandari, MM.  Dalam pidatonya Ir. Suci Purwandari, MM menyampaikan bahwa Teknologi informasi merupakan kekuatan transformatif di lingkungan bisnis. Perusahaan dapat menerapkan komputer, server, intranet, aplikasi perangkat lunak dan program atau situs internet ke dalam kegiatan operasi bisnis.

Narasumber pertama yaitu Edy Susanto, M.Kom yang menyampaikan tema cyber ethics. Sebagai narasumber kedua yaitu Agus Wahyudi, Manajer Of Business Development PT Tiga Inti Perkasa Tech. PT Tiga Inti Perkasa Tech merupakan perusahaan berbasis IT pengembang ERP yaitu Focus ERP Trading Plus. Sebagai tindak lanjut dari seminar ini program Studi D3 Manajemen Informatika akan terus bersinergi dengan PT Tiga Inti Perkasa Tech untuk mengembangkan teknologi informasi.

Agus Wahyudi Menyampaikan bahwa ERP merupakan sistem informasi yang diperuntukkan bagi perusahan manufaktur maupun jasa yang berperan mengintegrasikan dan mengotomasikan proses bisnis yang berhubungan dengan aspek operasi, produksi maupun distribusi di perusahaan bersangkutan. Enterprise Resource Planning merupakan sebuah teknologi sistem informasi yang terintegrasi dan digunakan oleh manufaktur kelas dunia dalam meningkatkan kinerja perusahaan. Penggunaan ERP mampu meningkatkan meningkatkan efektivitas dan efisiensi operasi bisnis, yang sering terjadi dalam peningkatan output produksi. Hal ini terjadi karena sumber daya manusia (SDM) dapat menyelesaikan lebih banyak tugas dibanding berkerja secara manual.

Untuk menjawab kebutuhan teknologi informasi pada sektor bisnis, program studi D3 manajemen Informatika telah merancang kurikulum yang didasarkan pada kebutuhan Dunia Usaha Dunia Industri (DUDI) yaitu terdapat mata kuliah Enterprise Resource Planning (ERP) dan mata kuliah e-Bussines. Program Studi D3 Manajemen Informatika selalu menjaga link and match kurikulum dengan kebutuhan Dunia Usaha Dunia Industri (DUDI) sehingga mampu menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi sehingga siap kerja dan mampu bersaing.